Minggu, 14 Juli 2013

Mata Cewek vs Mata Cowok


mata

 – Cowok dan cewek emang sama-sama tertarik pada hal-hal yang visual. Tapi, menurut buku Why Men DoAlign Leftn’t Listen and Women Cant Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata cewek dengan mata cowok. Ini berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

1. Pandangan cewek lebih melebar, pandangan cowok lebih tajam
Cowok sering banget kepergok lagi ngelirik cewek lain yang lewat di sebelahnya. Padahal, cewek juga sering kok mengagumi cowok ganteng yang kebetulan melintas. Bedanya, cewek nggak perlu menoleh karena jangkauan pandangan cewek lebih dari 180 derajat. Ini karena mata cewek punya lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.
Mata cowok ukurannya lebih besar dari mata cewek, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, cowok bisa ngeliat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding cewek. Mirip teropong deh.
2. Cowok lebih bisa melihat di dalam gelap
Kalo udah malem, lebih baik jangan serahkan tugas nyetir pada cewek. Soalnya, ternyata cowok emang lebih mahir ngeliat di dalam gelap dibanding cewek. Apalagi, cowok juga punya kemampuan spasial yang lebih baik di otak kanannya.
Sebaliknya, cewek biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas juga bikin sebagian besar cewek sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.
3. Mata cewek bisa melihat lebih banyak
Sejak ribuan tahun yang lalu, otak cowok dipersiapkan untuk berburu. Kita harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak kita secara otomatis menyempitkan penglihatan kita supaya bisa memusatkan perhatian pada satu hal yang khusus, misalnya binatang buruan.
Pada cewek nggak seperti ini. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi sarang atau tempat tinggal, otak cewek pun terprogram untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa cewek lebih gampang mencari barang hilang dibanding cowok, karena otaknya bisa memproses lebih banyak “gambar” dalam satu waktu dibanding cowok.

Tahukah Anda Berapa Berat Kulit Manusia?



Otak atau paru-paru merupakan organ yang banyak menjadi pusat perhatian. Namun bagaimana dengan kulit, tahukah Anda berapa beratnya?
Kulit terdiri dari tiga lapisan. Yakni epidermis, dermis dan jaringan subkutan. Ketebalan kulit pun sangat bervariasi di seluruh tubuh. Misalnya, kulit halus sekitar mata hanya setebal beberapa lembar kertas dan lutut di kaki hanya setebal penghapus pensil.
Kulit memiki karakteristik berbeda di banyak daerah, tapi kulit merupakan satu organ dan tak semua kulit ‘berdaging’. Sebagai organ, kulit membungkus tubuh manusia, termasuk kuku dan rambut. Secara total, sekitar 16% total berat badan adalah kulit.
Kebanyakan kulit orang dewasa seberat 10 kg atau lebih. Tentunya berat kulit bervariasi tergantung pemiliknya, semakin kurus seseorang, semakin ringan berat kulit. Jika rata-rata kulit dewasa dibentangkan, kulit mampu mencakup dua meter persegi.
Setelah kulit, organ tubuh manusia terberat adalah usus (3,75 kg), paru-paru (2,5 kg), hati (1,6 kg), otak (1,5 kg) dan jantung (0,3 kg)

10 Tips Belajar Pintar

BeritaUnik.net – Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

Sabtu, 18 Mei 2013

99 Kali Orgasme Dalam Sehari Bikin Stress


Kim Ramsey adalah seorang perawat asal amerika serikat yang mengeluh pada dokter karena kelainan orgasme yang ia derita sejak sepuluh tahun yang lalu. Kim mengaku bisa mengalami sampai 99 kali orgasme didalam 1 hari, sampai ia jadi kelelahan. Perempuan yang memeiliki rumah di new jersey, amerika, ini divonis dokter menderita persistent genital arousal disorder atau kelainan dikarenakan mudah jadi terangsang. Ini disebabkan kecelakaan yang ia alami 10 th. lalu waktu terjatuh dari tangga dirumahnya.

Organ vitalnya jadi amat peka hingga dengan gerakan kecil yang ia kerjakan sehari-hari saja, kim ramsey bisa mengalami orgasme. Dimulai dari getaran mesin mobil, waktu ia lakukan kegiatan membersihkan tempat tinggal, apalagi waktu naik kereta api.

Perihal tersebut pastilah buat wanita itu jadi terganggu dan tidak nyaman, sampai terganggu pergaulan sosialnya. Karenanya kim pingin mengakhiri kelainan orgasme yang ia derita tersebut, padahal masih banyak wanita yang justru alami kesusahan buat orgasme.

Orgasme
99 Kali Orgasme Dalam Sehari
kim mengaku mulai tahu perihal kelainan yang ia idap th. 2008 saat ia terkait suami istri buat pertama kalinya. Waktu itu, wanita tersebut mengaku alami orgasme sampai 4 hari tanpa henti sampai ia jadi stress. Dokter menduga kelainan tersebut terjadi karena kim alami cedera sampai timbul spinal cysts atau kista tulang belakang.

“jika wanita lain ajukan pertanyaan bagaimana terasa? saya justru pingin menghentikan ini. Saya terus-terusan alami orgasme sepanjang empat hari. Saya pikir ini gila, apalagi saya kudu duduk di kacang polong dingin buat menghentikannya, ” ungkap kim. “Kami mencoba segala nya buat membuatnya berhenti, berjongkok, bernapas dalam-dalam, saya apalagi duduk di kacang polong beku namun orgasme dan gairah seksual berlangsung terus, ”

Bayangkan saja jika anda seperti itu? bagaimana rasanya yah? semoga saja yang dialami Kim tidak tertular kepada para pembaca hehe. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat khususnya bagi sobat yang suka dengan informasi unik dan menggelitik. Jangan lewatkan juga berita unik lainnya yang tidak kalah menarik untuk kita baca seperti halnya fakta-fakta unik tentang ciuman pada zaman modern.

Seorang Pria Kaya Tewas Diperkosa 5 Cewek Cantik


Seorang pria entrepreneur kaya warga nigeria yang bernama uroko onoja, dilaporkan sedang berhubungan intim dengan istri mudanya saat lima istrinya masuk dengan paksa ke kamar tidur mereka yang lantas memaksa dia dibawah todongan pisau untuk berhubungan intim dengan kelima cewek cantik.

Onoja dilaporkan dapat melakukan jalinan intim dengan empat istrinya yang lain dengan berturut-turut, namun lantas “Onoja berhenti bernapas” waktu istrinya yang kelima naik ke ranjang di ogbadibo, nigeria. Lima istrinya yang lain, yang dilaporkan telah mengadakan pertemuan buat membahas kemauan mereka sebelum saat sang suami tiba di tempat tinggal, dianggap menghambur masuk ke kamar tidur membawa pisau. Mereka menuntut bahwa mereka juga mesti memperoleh nafkah batin dari sang suami.

Cewek Cantik
Seorang Pria Kaya Tewas Diperkosa 5 Cewek Cantik
Dua dari lima wanita itu ditangkap sesudah insiden tersebut, istilah tragis untuk pria kaya ini yaitu “diperkosa sampai tewas” buat menggambarkan nasib naas onoja. Pria itu diketahui baru kembali dari bar di jaringan komunitas kecil ugbugbu, ogbadibo, selasa lantas lebih kurang pukul 03. 00. Ia segera menuju kamar tidur istri termudanya.

Entrepreneur itu, yang digambarkan jadi seorang dermawan yang “memberikan kontribusi positif” untuk perkembangan masyarakat setempat, diperkirakan pernah menolak tuntutan beberapa istrinya. Onoja dilaporkan berhenti bernapas serta tidak bisa diresusitasi sesudah berhubungan intim dengan empat istrinya dengan berturut-turut.

Akhirnya kelima istrinya itu dilaporkan ke pihak yang berwajib oleh ketua rt setempat. Tidak lama kemudian kelima istrinya tersebut ditanggap dan harus memberikan laporan secara detail kepada polisi Nigeria. Memang jaman sekarang ini sudah terbalik seperti hal nya yang terlansir pada postingan tanda tanda kiamat sudah dekat.

Kata Kata Lucu Romantis Untuk Kekasih


Saat ini saya sebagai admin naylacorp dapat berikan kata kata lucu romantis yang baik buat anda serta pasangan anda. Kata kata lucu ini jadi diantara yang terbaik yang admin dulu menulis, gara-gara tak hanya lucu, kata-kata ini juga punya kandungan kata kata romantis yang terlampau baik sekali buat anda mengkonsumsi dengan pasangan anda untuk mempererat percintaan anda.

Di dunia ini cuma ada 5 orang yang saya cintai, ibuku, ayahku, saudara kandungku, teman-temanku dan yang terakir yakni anda. Kenapa anda kuletakkan pada urutan yang sangat akhir? dipicu saya pingin kau lantas cintaku yang sangat akhir dan tak ada cinta yang lain gak cuma cinta terakhirku pada dirimu. Kata-kata tersebut ialah diantara contoh kata lucu romantis serta di bawah ini ialah kumpulannya.

Kata Kata Lucu Romantis Untuk Kekasih
  • orang yang menciptakan huruf abjad ini memeng hebat namun dia lakukan kekeliruan yang amat besar, yakni letakkan i dan u.
  • senyuman anda kaya server twitter, semakin simak senyum anda semakin buat cinta saya over-capacity.
  • rekan sejati senantiasa sharing, jika saya lantas laut, anda lantas ikan, saya lantas kumbang anda lantas bunga, saya lantas matahari anda lantas bumi, jika saya lantas tarzan, anda akan lantas monyetnya ?
  • like father like son ( senang bapaknya, senang juga sama anaknya )  jgn salahkan diri anda bila anda buruk, salahkanlah orangtuanya, dikarenakan buruk itu keturunan… iya kan ?
  • menurut penelitian teranyar oleh beberapa pakar kedokteran, nyatanya 100 persen pemicu kematian seseorang yaitu jantung, yakni jantungnya berhenti berdenyut
  • the beauty is under the skin ( lantas cakep jika uda ubah kulit ) perbaiki inner beauty anda, itu bila ngerasa segi luar anda telah ancur gak ketolong lagi…
  • carilah istri yang saleha ( senang lupa pakai beha ) supaya lantas sakinah ( sekali terkena pingin nambah ) & jadilah suami yang siaga ( siap antem gunakan style apa saja )
  • kirim sms ini ke 20 orang yang anda sayangi. dijamin pulsa anda dapat menyusut dengan otomatis
  • berlangsung gempa di yogyakarta yang menewaskan 70 orang, 56 luka kronis, 50 orang tidak di dapatkan serta yang satunya lagi tengah tertipu oleh gosip ini.
  • saya pingin katakan something to u namun janganlah marah yah ! jangan sempat pershabatan kita rusak.
  • don’t judge a book by its cover ( jgn menghukum buku dengan koper )  jgn putus harapan, tidak seluruh orang menilai manusia dari fisiknya, sapa tau dapat dari rumahnya, mobilnya, pekerjaannya, atau tabungannya.
  • bukan hanya dikarenakan anda cantik yg mengakibatkan saya cinta, namun dikarenakan saya cinta, anda tampak cantik.
  • jadilah diri anda sendiri, bila anda buruk syukurilah, soalnya jika anda cakep tentu anda akan banyak dosanya.
  • peroleh hadiah segera duit tiap-tiap hari dari pepsi. caranya gampang, kumpulkan 10 tutup botol pepsi, gunakan pada sebatang kayu, lantas goyg-goygkan di lampu merah teredekat buruan ! !
  • the right man in the wrong place ( orang disebelah kanan, salah tempat… harusnya di sebelah kiri )
  • sesudah jabotabek pemerintah dapat bikin program 3 kota bersaudara ( three sister cities ) yakni ngawi – cengkareng – ciomas yg jika disingkat jadi ngacengmas.
  • gapapa deh kita lain kartu gsm, asal kedepannya nama kita ada di kartu keluarga yang sama.
  • no gain without pain ( gak dapet uang jika ngga kesakitan dulu…kaya kuda lumping )
  • jgn sakit ati jika dikatain buruk, cuek saja, inget film ‘beauty and thebeast’ kan?
  • kasih saya rindu padamu waktu saya sedih. saya rindu padamu waktu saya sendiri. namun saya sangat merindukanmu waktu saya bahagia
Semoga dengan adanya mengenai kata kata lucu romantis ini dapat jadi diantara informasi yang menarik yang dapat anda gunakan untuk menjalin hubungan yang tambah baik lagi pada pasangan anda. Dengan sesuatu keromantisan mestinya dapat berikan kebahagian buat anda seluruhnya. Dan yang teristimewa dengan pasangan kekasih hati anda.

Lima fakta unik terbaru ditemukan



Fakta unik terbaru


lima-fakta-unik-terbaru.jpg


Sudah tahukah anda?

Baru-baru ini para ahli saintis terkenal telah menemukan lima fakta terbaru dan wajib diketahui

Berikut adalah fakta-fakta penemuan terbaru

1. 98% perkosaan dan pembunuhan dilakukan oleh keluarga terdekat atau teman korban

2. Seseorang masih akan sadar selama 8 detik setelah dipenggal

3. Anda tidak akan bisa bernafas melalui hidung ketika lidah sedang dijulurkan keluar

4. Tadi baru saja anda melakukan hal yang no (3) dan muka anda pasti seperti? ^_^ seperti apa ya biggrin

5. Dan sekarang anda pasti tersenyum dan tersimpul malu razz

77 Fakta Unik di Dunia Terbaru


77 Fakta Unik di Dunia Terbaru - Dunia ini penuh dengan keanekaragaman dan berbagai keunikan. Keunikan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti budaya atau adat-istiadat yang berbeda pada setiap sudut di dunia ini. Dan berikut ini adalah kumpulan fakta menarik yang Espilen Blog dalam 77 Fakta Unik di Dunia Terbaru.

Unik-unik-unik

1. Negara Indonesia berada di posisi ke-4 sebagai Negara Terindah di Dunia versi situs First Choice.

2. Di Italia, dalam aturannya minuman Cappuccino hanya boleh di minum sebelum waktu siang.

3. AS, Australia, Finlandia, Jerman dan Kanada adl negara maju tanpa UN. Tahukah anda sekolah trbaik di dunia ada di Finlandia walau tanpa UN.

4. "Jengkol is very nice" komentar Pierre Bouvier vokalis Simple Plan.

5. Tiap satu kali jari kita mengklik mouse komputer, ada 1,42 kalori yang terbakar dalam tubuh. (Penelitian, Convert Anything to Calories).

6. Di Jepang kuno, prajurit diolesi minyak kodok pada tubuh mereka dengan keyakinan bahwa hal itu akan membuat tubuh mereka antirobek.

7. Di Jepang, ketiduran saat bekerja (inemuri) dapat ditolerir, karena dipandang sebagai kelelahan yang muncul akibat bekerja terlalu keras.

8. Gergaji mekanik awalnya diciptakan sebagai alat kedokteran untuk membantu melahirkan bayi.

9. Jangan sering mengatakan kata "root" di Australia dan Selandia Baru. Di sana, kata "root" berarti mengajak untuk melakukan hubungan seks.

10. Jamur merang Laetiporus dikenal sebagai julukan "ayam hutan" karena konon rasanya mirip seperti daging ayam goreng.

11. Kaki katak merupakan hidangan istimewa di eropa. Tahukah Anda: sekitar 80% impor katak Eropa berasal dari Indonesia.

12. Jika Anda mengetik "do the harlem shake" di search bar YouTube, layar akan melakukan Harlem Shake!. [Google Chrome]

13. Melihat melalui lubang kecil akan segera meningkatkan penglihatan Anda sementara.

14. YouTube menyebutkan rata-rata ada 4000 video baru Harlem Shake yang diunggah setiap hari. [Yahoo!]

15. Semut memiliki kuburan sendiri. Tapi tahukah anda: Gurita memiliki kebun dan suka berkebun. (wikipedia)

16. Coklat mengandung Theobromine, molekul organik yang dapat membantu menguatkan enamel gigi. (Penelitian dari Tulane University).

17. Wanita 2 kali lebih banyak menggunakan emoticon dalam pesan teks dibandingkan pria. (Penelitian di Rice University)

18. Biarpun Buzz Aldrin adalah orang kedua yang menginjak di bulan tetapi ia adalah orang pertama yang membuang kotoran di ruang angkasa.

19. Psikolog mengatakan bahwa mengirim dan menerima pesan teks benar-benar dapat meningkatkan mood Anda ketika Anda merasa kesepian. (Telegraph)

20. Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

21. Musik memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan otak serta mengembalikan kenangan yang hilang. (cracked .com)

22. Perasaan kesepian memicu respon yang sama di otak sebagai rasa sakit fisik. (BBCnews)

23. Di Cape Town, Afrika Selatan, remaja laki-laki yang memiliki gigi ompong dianggap tampan / maskulin.

24. Semakin pahit cokelat (tinggi zat theobromine), semakin tinggi manfaatnya. Rajin mengkonsumsi 1bar cokelat/hari dapat menyembuhkan batuk kronis.

25. Kata "Mouse" (tikus) berasal dari turunan Bahasa Sansekerta "Mus" yang berarti "pencuri".

26. Tidur Siang (Power Nap) trbukti menambah tinggi badan, dikrnkan saat kita tidur siang hormon pertumbuhan (Growth Hormone) lbh aktif bekerja.

27. Bilangan prima terbesar di dunia saat ini panjangnya 17 juta digit angka, cukup banyak untuk mengisi 28 lembar halaman pada buku novel.
28. Menurut sebuah studi, minum teh hijau setelah makan ikan membantu menghalangi zat Mercury yang terkandung dalam ikan memasuki aliran darah.

29. Memperpanjang usia handphone hingga 4 tahun dapat mengurangi dampak lingkungan sampai 40 persen. [Hasil studi di Swiss]


30. Duduk bersama dgn teman-teman / keluarga utk makan bersama, dpt meningkatkan kebahagiaan & membantu meringankan depresi. [ehealthnewsdaily]

31. Abibliophobia adalah fobia atau ketakutan terhadap kehabisan bahan bacaan.

32. Pada abad pertengahan di Eropa, garam sangat mahal harganya, sehingga disebut sebagai "emas putih".

33. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan berpikir cepat dan kewaspadaan hingga 10 persen. [Jurnal Brain and Cognition]

34. Wanita yang sedang stres selama kehamilannya cenderung melahirkan anak-anak yang pemarah. [Institute of Psychiatry, King College London]

35. Disarankan supaya membeli sepatu pada sore hari. Sebab, setelah seharian berjalan, di sore hari kaki akan membesar 5-8 persen.

36. Musik memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan otak serta mengembalikan kenangan yang hilang. [cracked .com]

37. Menurut penelitian baru, usia harapan hidup anak band rata-rata lebih tinggi dibandingkan musisi yang memilih solo karir. (detikHealth)

38. Pulau Dewata Bali merupakan 1 dari 10 pulau paling romantis di dunia. [majalah Travel+Leisure]

39. Universitas di Jepang selalu melakukan upacara peringatan bagi hewan (contoh: tikus) yang mati dalam pengujian laboratorium. [web.archive .org]

40. Berkedip memberikan otak Anda istirahat sebentar. [para ilmuan di Japan’s Osaka University]

41. Wanita yang bahagia dalam sebuah pernikahan akan mengalami berat badan naik setengah pound (0,22 kg) setiap 6 bulan. [DailyMail]


42. Rasa cemburu berlebihan bisa digolongkan penyakit jiwa, krna dpt mendorong ssorg utk bunuh diri / menghabisi nyawa org lain. [riset]

43. Mengkonsumsi buah tomat beberapa kali dlm kurun waktu seminggu dpt mengatasi perasaan depresi. [peneliti di Tianjin Medical Univ., Cina]

44. Perasaan kesepian memicu respon yang sama di otak sebagai rasa sakit fisik. [BBCnews]

45. Di Cape Town, Afrika Selatan, remaja laki-laki yang memiliki gigi ompong dianggap tampan / maskulin. 46. Memeluk orang yg disayangi dpt membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan, bahkn dpt meningkatkan memori. [Dailymail]

47. Kata "Mouse" (tikus) berasal dari turunan Bahasa Sansekerta "Mus" yang berarti "pencuri". 48. Berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah mempertajam konsentrasi siswa di kelas dan tetap bertahan sekitar 4 jam kemudian. [Medical Daily]

49. Menurut riset pasar global Euromonitor International, pria Korea adalah pria yang paling suka bersolek dari pria lain di dunia.

50. Rata-rata orang akan merasa 100 persen sehat / fit hanya 61 hari dalam setahun. [penelitian di Inggris]

51. Polydactyl Cat adalah jenis kucing yang memiliki jempol di kaki mereka.

52. Hanya dengan mengurangi brightness dari televisi, anda mampu berhemat lebih dari Rp 1,5 juta setahun. [kompas]

53. Di Jerman, tahanan yg ingin meloloskan diri dr penjara adl bukan mrupakn perbuatan ilegal. Krn itu salah1 naluri dasar manusia untuk kebebasan.

54. Wanita merasa diri mereka terlihat paling jelek dan terlihat lebih tua pada hari Rabu pukul 15.30 . [studi baru dari St Tropez]Expand 55. Orang yang rutin bermain video game ternyata memiliki penalaran yang baik dibanding kebanyakan orang. (detikHealth)

56. Nama "Gorila" berasal dari kata Yunani "Gorillai" yang berarti "perempuan berbulu".

57. IBM mengatakan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, komputer bakal mirip manusia yang bisa melihat, mendengar, mencium dan merasakan.

58. Selama abad ke-13, kata "nice" sebenarnya berarti “stupid”, "senseless" dan “foolish".

59. 49% dari pemilik Smartphone adalah jomblo. (Survei, "2012 Online User Behavior and Engagement Study")

60. Gazzarella adalah keju mozzarella yang terbuat dari susu kucing. 61. Rata-rata orang melihat / mengecek ponselnya sekitar 150 kali sehari. (Laporan Nokia pada MindTrek 2010)

62. Tertawa dapat meningkatkan aktivitas antibodi sekitar 20%, juga membantu untuk menghancurkan virus dan sel-sel tumor.

63. Fobia matematika (mathematics anxiety) memicu respon yang sama di otak sbg rasa sakit fisik. Gejalanya yaitu melihat angka saja sudah nyeri.

64. Karakter kartun Bugs Bunny diberi pangkat kehormatan sersan-mayor di Korps Marinir AS pada akhir Perang Dunia II. (wikipedia)

67. Menurut etiket internasional, sebuah jabat tangan yang tepat dan baik harus berlangsung selama sekitar 3 detik & dilepaskan setelah goyang.

68. Ketika kita sedang jatuh cinta, otak akan memproduksi dopamin ekstra, bahan kimia yang membuat seseorang menjadi gembira berlebihan.

69. "Mwahahaha" dan "lolz" telah ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford.

70. Menurut penelitian, pria cenderung menurunkan volume suaranya ketika ia berbicara dg seseorang yg ia cintai, sementara perempuan sebaliknya.

71. Di Perancis, jajanan Arum Manis (Rambut Nenek) disebut "Barbe á Papa" yang berarti "Jenggot Ayah".

72. Menurut penelitian, PR terlalu banyak sebenarnya dapat menyebabkan siswa menjadi stres, depresi & mendapat nilai lebih rendah.

73. Hangry adalah penggabungan kata dari "Hungry" dan "Angry", di pakai ketika anda sedang lapar dan marah.

74. Kentut dari bakteri membuat keju swiss memiliki lubang-lubang.

75. Mendengarkan musik benar-benar dapat mengurangi rasa sakit kronis hingga 20% dan membantu meringankan depresi hingga 25%. (sciencedaily)

76. Orang yang merasa kesepian memiliki kemungkinan mengalami kepikunan 70-80% lebih tinggi. (Journal of Neurosurgery Neurologi and Psychiatry)

77. Melamun dpt memendekkan telomere (bagian paling ujung sel DNA) yang berperan dlm menjaga kestabilan sel, dimana dapat mempercepat proses penuaan.

Sekian artikel yang bisa Espilen Blog sampaikan mengenai fakta unik di dunia ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga bermanfaat

7 Keajaiban Dunia vs 7 Keajaiban Indonesia

7 Keajaiban Dunia vs 7 Keajaiban Indonesia

Tujuh keajaiban dunia yang baru telah terpilih, yaitu Tembok besar China, Petra Yordan, Pyramid Itza Mezico, Colosseum Roma, patung Kristus penebus Brasil, Taj Mahal India, dan Machu Picchu Peru. Penetapan tujuh keajaiban dunia tersebut merupakan pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon seluler yang diadakan oleh Swiss Foundation.

Sekarang mari kita coba memirip-miripkan bentuk tujuh keajaiban dunia yang baru dengan tujuh bangunan di Indonesia yang dianggap mirip dengan 7 bangunan tersebut untuk menunjukkan bahwa bangunan di Indonesia tidak kalah indah dengan bangunan kejaiban dunia bahkan ada di antara bangunan di Indonesia itu yang juga layak dijadikan sebagai keajaiban dunia.

Berikut tujuh keajaiban dunia dan bangunan di Indonesia yang dimiripkan :

1. Tembok Besar China VS Benteng Kraton Wolio Buton

Tembok Besar China

Tembok ini dibangun untuk pertahanan Dinasti China dari serangan Mongol. Tembok Besar China merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Di tempat-tempat strategis yang dilalui Tembok Besar China terdapat banyak benteng pertahanan. Pada dasarnya Tembok Besar China adalah sebuah benteng yang disusun dan disatukan dari sekumpulan benteng-benteng yang lebih kecil yang memang sudah ada sebelumnya.

Benteng Kraton Wolio Buton

Benteng ini terletak di Kota Bau-Bau, wilayah eks kesultanan Buton provinsi Sulawesi Tenggara. Benteng ini memiliki tembok panjang yang mengelilingi perkampungan adat asli Buton. Luasnya kurang lebih 22 hektar dan telah mendapat predikat sebagai benteng terluas di Indonesia dari MURI.

MURI juga masih memberikan harapan untuk meraih predikat "Internasional" sebab benteng Keraton Buton diprediksi bakal menambah deretan "keajaiban dunia" yakni sebagai benteng terluas di dunia. Letaknya yang strategis berada di atas bukit sangat menakjubkan.

2. Petra VS Goa gajah

Petra Yordan

Petra merupakan Kota yang didirikan dengan memahat dinding batu yang terletak di Jordania. Di tempat ini dibuat goa-goa buatan manusia yang dipahat pada dinding batu menyerupai bangunan. Di Petra terdapat gerbang utama kota Petra yang terkenal, yakni "The Treasury". The Treasury berupa bangunan dengan pilar-pilar besar yang langsung dipahat dan diukir pada bukit berbatu cadas.

Goa Gajah Bali

Goa Gajah merupakan goa buatan yang dipahatkan dalam bagian tebing batu padas keras. Dibuat dengan cara melubangi bukit batu keras sebagai tempat pertapaan yang dilengkapi dengan tempat pemandian suci (Petirtaan). Permukaan sisi depan goa dipenuhi hiasan pahatan. Pada mulut goa itu terdapat pahatan muka raksasa yang menyeramkan dengan kedua matanya bulat besar. Mulut goa digambarkan sebagai mulut dari raksasa. Ini merupakan salah satu bangunan di dunia sebagai goa buatan yang dipahat dalam tebing batu keras. Goa Gajah terletak di Gianyar, Bali.

3. Chichén Itzá VS Candi Borobudur

Chichén Itzá

Chichén Itzá adalah suatu Situs peninggalan arkeologi suku Maya yang terletak di Yucatán, Mexico. Disitu terdapat Piramida Kukulcan yang merupakan kuil yang menyerupai dengan bentuk bangunan piramid. Kuil Kukulkan berupa piramid bertangga, dengan teras-teras. Di setiap sisi piramid segi empat itu terdapat anak tangga menuju puncak. Berbeda dengan bentuk arsitektur Piramida Mesir, piramida bangsa Maya bukanlah merupakan piramida berbentuk kerucut, karena pada puncaknya terdapat sebuah bidang datar yang digunakan sebagai tempat ritual mereka.

Candi Borobudur

Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah. Sebelumnya, saya memiripkan bangunan Borobudur dengan bangunan piramid karena memang sekilas bentuk bangunan ini mirip dengan piramid. Bentuk piramid juga ada pada bangunan Chichen Itza. Candi Borobudur merupakan versi lain bangunan piramida. Piramida Borobudur berupa kepunden berundak yang tidak akan ditemukan di daerah dan negara manapun. Candi Borobudur walaupun tidak dimasukkan dalam tujuh keajaiban dunia baru tapi sebenarnya Borobudur pantas disebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

4. Colosseum VS Stadion Gelora Bung Karno

Colosseum

Nama asli bangunan ini adalah Flavian Amphiteatre, adalah bangunan teater terbuka berbentuk elips di pusat kota Roma, Italia. Bangunan terbesar di jaman Romawi ini mampu menampung 50.000 penonton, digunakan sebagai kontes gladiator dan pertunjukan kepada publik. Colloseum merupakan sebuah stadion acara-acara kenegaraan pada saat itu. Stadion sepakbola modern banyak yang meniru bentuk Colosseum.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

5. Patung Kristus penebus VS Patung Garuda Wisnu kencana

Patung Kristus Penebus Dosa

Patung Kristus Penebus terletak di puncak Gunung Corcovado. Patung ini merupakan patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar.

Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali. Rencananya patung ini akan dibuat menjadi patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda. Kini beberapa bagian patung telah jadi dan telah menjadi salah satu objek wisata yang menakjubkan di Pulau Bali. Patung Dewa Wisnu ini direncanakan menjadi monumen tertinggi di dunia serta ditargetkan untuk menjadi salah satu keajaiban dunia.

6. Taj Mahal VS Mesjid Baiturrahman

Taj Mahal

Taj Mahal adalah makam Mumtaz Mahal, permaisuri raja Mughal Shah Jehan yang meninggal di usia muda. Bangunan megah berasitektur Islam yang terletak di Agra, India ini diarsiteki oleh Isa Khan, dibuat dari marmer putih dan dikelilingi taman yang cantik.

Mesjid Baiturrahman Aceh

Mesjid Baiturrahman adalah mesjid yang terletak di Banda Aceh. Mesjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia. Taman di bagian Timur didesain dengan menghadirkan nuansa Taj Mahal di dalamnya. Hal ini diperkuat dengan kolam berbentuk persegi dengan air mancur di tengahnya. Ketika gelombang tsunami menyapu kota Banda Aceh, mesjid ini selamat. Masjid ini juga menjadi tempat rakyat Banda Aceh berlindung dari sapuan tsunami. Mesjid ini termasuk mesjid termegah di Asia Tenggara.

7. Machu Picchu VS Situs Ratu Boko

Machu Picchu

Machu Picchu adalah reruntuhan kota kuno Inca yang terletak di wilayah pegunungan Andes, Peru. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.

Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko atau disebut juga Candi Ratu Boko adalah reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko, Pegunungan Sewu. Di dalam reruntuhan Ratu Boko ini terdapat bekas gapura, ruang Paseban, kolam, Pendopo, Pringgitan, keputren, dan dua ceruk gua untuk bermeditasi. Luas situs ini mencapai 250.000 meter persegi. Situs Ratu Boko adalah satu-satunya situs pemukiman masa klasik terbesar yang ditemukan di Jawa.

7 Fakta Tentang Indonesia Yang Mendunia

7 Fakta Tentang Indonesia Yang Mendunia

Banyaknya persoalan dan pandangan negatif yang sedang dihadapi oleh Indonesia, diantaranya tentang dunia politik, keamanan, bahkan kesejahteraan rakyat kecil, sedikit banyak memang mempengaruhi citra pemerintah dan negara di mata masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia internasional. Namun sebenarnya, sekedar saling mengingatkan bahwa negeri kita adalah negeri yang sangat kaya dan berpotensi, baik dari sumber daya alamnya ataupun dari budaya asli seperti sebagai negara dengan suku, bangsa, dan bahasa yang terbanyak di dunia. Selain itu juga terdapat beberapa prestasi dari anak-anak bangsa yang begitu membanggakan. Dan berikut 7 fakta tentang Indonesia yang mendunia.

1.

Fakta yang pertama adalah bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau, dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

2.

Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam. Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia. Jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim, selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon. Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

3.

Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga luar biasa. Kekayaan itu antara lain adalah terdapatnya spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu sekitar 150 spesies, terdapatnya ikan terkecil di dunia tepatnya di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala. Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah yang disebut segitiga coral, namun 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

4.

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

5.

Kita tentu mengenal produk peragaan busana terkenal kelas dunia GUCCI asal Italia. Produk langganan publik figur dunia tersebut ternyata menggunakan kain tenun asal Indonesia sebagai bahan bakunya. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kain tenun asal Indonesia telah diakui oleh dunia. Seperti kain tenun yang mendunia, ternyata orang Indonesia pun telah banyak yang berkarya untuk dunia. Salah satunya yaitu, Ir. Ahmad Murdijad, warga negara Indonesia yang memang bermukim di Kuala Lumpur, Malaysia selama belasan tahun lamanya itu adalah perancang menara Kuala Lumpur di Malaysia yang merupakan menara keempat tertinggi di dunia.

6.

Selanjutnya adalah fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Di dunia fauna ada komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan peninggalan hewan purba dan komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Kini kepopuleran komodo terutama setelah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia semakin mendunia. Ditemukannya fosil manusia purba tertua di dunia yang diperkirakan berasal dari 1.8 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut phitecantrophus erectus itu ditemukan di Jawa Tengah.

7.

Dan Fakta yang mendunia dan membanggakan yang terakhir dari Indonesia adalah tentang Nelson Mandela yang ternyata terinspirasi oleh Syekh Yusuf dari Makassar. Syekh Yusuf yang merupakan tokoh agama sekaligus pejuang melawan Belanda memang pernah dibuang ke Afrika Selatan oleh Belanda. Ternyata perjuangannya telah mengispirasi Nelson Mandela, bapak pejuang hak asasi manusia dunia untuk menghapus apharteid atau pemisahan ras yang pernah berlaku di Afrika Selatan. Apa yang dilakukan Syekh Yusuf telah memberi andil bagi perubahan dunia. Bahkan Nelson Mandela pernah berkata tentang Syekh Yusuf "pahlawan Indonesia tersebut adalah salah seorang putra Afrika terbaik"

Banyaknya persoalan dan pandangan negatif yang sedang dihadapi oleh Indonesia, diantaranya tentang dunia politik, keamanan, bahkan kesejahteraan rakyat kecil, sedikit banyak memang mempengaruhi citra pemerintah dan negara di mata masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia internasional. Namun sebenarnya, sekedar saling mengingatkan bahwa negeri kita adalah negeri yang sangat kaya dan berpotensi, baik dari sumber daya alamnya ataupun dari budaya asli seperti sebagai negara dengan suku, bangsa, dan bahasa yang terbanyak di dunia. Selain itu juga terdapat beberapa prestasi dari anak-anak bangsa yang begitu membanggakan. Dan berikut 7 fakta tentang Indonesia yang mendunia.

1.

Fakta yang pertama adalah bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau, dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

2.

Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam. Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia. Jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim, selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon. Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

3.

Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga luar biasa. Kekayaan itu antara lain adalah terdapatnya spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu sekitar 150 spesies, terdapatnya ikan terkecil di dunia tepatnya di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala. Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah yang disebut segitiga coral, namun 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

4.

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

5.

Kita tentu mengenal produk peragaan busana terkenal kelas dunia GUCCI asal Italia. Produk langganan publik figur dunia tersebut ternyata menggunakan kain tenun asal Indonesia sebagai bahan bakunya. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kain tenun asal Indonesia telah diakui oleh dunia. Seperti kain tenun yang mendunia, ternyata orang Indonesia pun telah banyak yang berkarya untuk dunia. Salah satunya yaitu, Ir. Ahmad Murdijad, warga negara Indonesia yang memang bermukim di Kuala Lumpur, Malaysia selama belasan tahun lamanya itu adalah perancang menara Kuala Lumpur di Malaysia yang merupakan menara keempat tertinggi di dunia.

6.

Selanjutnya adalah fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Di dunia fauna ada komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan peninggalan hewan purba dan komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Kini kepopuleran komodo terutama setelah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia semakin mendunia. Ditemukannya fosil manusia purba tertua di dunia yang diperkirakan berasal dari 1.8 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut phitecantrophus erectus itu ditemukan di Jawa Tengah.

7.

Dan Fakta yang mendunia dan membanggakan yang terakhir dari Indonesia adalah tentang Nelson Mandela yang ternyata terinspirasi oleh Syekh Yusuf dari Makassar. Syekh Yusuf yang merupakan tokoh agama sekaligus pejuang melawan Belanda memang pernah dibuang ke Afrika Selatan oleh Belanda. Ternyata perjuangannya telah mengispirasi Nelson Mandela, bapak pejuang hak asasi manusia dunia untuk menghapus apharteid atau pemisahan ras yang pernah berlaku di Afrika Selatan. Apa yang dilakukan Syekh Yusuf telah memberi andil bagi perubahan dunia. Bahkan Nelson Mandela pernah berkata tentang Syekh Yusuf "pahlawan Indonesia tersebut adalah salah seorang putra Afrika terbaik"

Posting Lama